Selasa, 19 Februari 2013

Kuliah di Teknik Kimia UPN "Veteran" Jatim


Bagi teman - teman yang masih duduk di bangku SMA, saya ingin promosi mengenai jurusan kuliah saya nih. Yap dilihat dari bahasanya mungkin jurusan ini terlihat angker dan sangat sulit. Jujur, saya masuk pada jurusan ini dengan kemampuan yang pas - pasan atau di bawah rata - rata lah. Saya terapkan BONEK (Bondo Nekat) untuk masuk pada jurusan ini karena prospek ke depan memang sangat cerah. Jurusan ini bisa di katakan sudah lama berdiri di kampus, tapi ke-eksistensinya masih begitu melekat. Bagi yang memiliki perasaan gak berani masuk jurusan ini, HILANGKANLAH! Karena jurusan ini sungguh asik dan menarik. Jika yang ada di TV bahwa kuliah itu membosankan, berbeda dengan kuliah di Teknik Kimia UPN "Veteran" Jatim. Memang, kampus ini bukanlah PTN. Tapi kualitasnya itu bisa terlihat dari SDM mahasiswanya yang begitu mumpuni. Syukur - syukur jika dalam waktu dekat ini statusnya berubah menjadi PTN.
Sedikit pengenalan, teknik kimia disini tidak selamanya membahas tentang kimia melulu lho. Karena disini kita akan mendapatkan ilmu ekonomi, manajemen, elektro(kimia), technopreneur, serta teknik lingkungan dan energi. Coba kalau kita kuliah pada jurusan yang saya sebutkan diatas. Rugi banget kan? Padahal di teknik kimia sudah ada mata kuliahnya. Memang sih tidak terlalu menjurus, tapi setidaknya kita akan mendapatkan bekal untuk ke depan. Tujuan akhir atau goalnya dari lulusan  sarjana teknik kimia sendiri adalah merancang pabrik, pokoknya yang ada kaitannya dengan pabrik. Karena seorang sarjana teknik kimia telah diperkenalkan tentang alat - alat pabrik, bahan - bahan buat konstruksi pabrik, dan semacamnya pada saat kuliah. Rugi loh kalau tidak masuk pada jurusan ini. Pada faktanya pertumbuhan sektor industri di muka bumi ini mulai berkembang lagi setelah revolusi industri yang terjadi di inggris dan prancis telah menghancurkan dunia industri.
Diluar bidang akademik, Teknik Kimia UPN "Veteran" Jatim terkenal se-indonesia. Buktinya, tidak sampai 1 dekade universitas ini sukses menyelenggarakan rakornas pada tahun 2006, 2008, dan 2012. Rakornas sendiri ialah Rapat Koordinasi Nasional yang dilakukan oleh Mahasiswa Teknik Kimia se-indonesia. Mereka memliki wadah atau badan yang melindungi semua kegiatan mahasiswa teknik kimia se-indonesia yang disebut BKKMTKI (Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia) dan yang telah di akui oleh dikti. Sekjennya (ketua) sendiri adalah mahasiswa UPN lho (cek di www.bkkmtki.net ). Contoh tujuan kegiatan mereka adalah untuk membahas program - program kerja kedepan seperti bagaimana upaya menggantikan minyak bumi yang telah menipis, serta solusi dan alternatifnya. Perlu dicatat bahwa mahasiswa teknik kimia se-indonesia ini berasal dari PTN dan PTS. contohnya dari ITB, UGM, UI, ITS, UNDIP, dll. Jadi semuanya berkumpul dan telah mendapat perlindungan dari BKKMTKI.



Comments
1 Comments

1 komentar:

Woаh! I'm really loving the template/theme of this blog. It'ѕ
ѕimple, yet effective. A lot of timеs it's difficult to get that "perfect balance" between usability and appearance. I must say you have done a very good job with this. Also, the blog loads super quick for me on Safari. Superb Blog!

Feel free to surf to my website :: ein günstiges Nagelstudio in Darmstadt

Posting Komentar

Tata cara berkomentar di blog ini :
1. Silahkan berkomentar setelah membaca.
2. Jika berkomentar, gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak kasar.
3. Dilarang membuat komentar sampah (Spam) di sini.
Terima kasih atas perhatiannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More