Selasa, 24 Juli 2012

Pencurian Sepeda Motor Merajalela


Bagi sahabat blogger yang bertempat tinggal di surabaya, waspadalah karena akhir - akhir ini telah terjadi banyak kejahatan di kota pahlawan kita ini. Sehubungan dengan yang saya baca pada koran Jawa Pos, telah di laporkan bahwa telah terjadi aksi pencurian sepeda motor dengan modus yang tergolong nekat. Biasanya pencurian dilakukan dengan mengambil sepeda motor yang sedang di parkir. Namun yang terjadi sekarang ini berbeda.  Seperti yang dilaporkan, telah terjadi 13 pencurian sepeda motor dalam 4 bulan terakhir dengan modus seperti ini. Sebagai perincian, pencurian itu hanya melibatkan pelajar - pelajar yang ada di surabaya. Entah itu SMP maupun SMA dan entah itu Swasta maupun Negeri.

Modus pencurian itu pertama - tama si pelaku berpura - pura sedang kesusahan dan meminta tolong kepada korban. Setelah korban hatinya luluh dan merasa kasihan, ia menggonceng si palaku. Nah di saat seperti inilah si pelaku melancarkan aksinya. Pelaku tersebut menodongkon senjata, entah itu senjata tajam (sajam) maupun senjata api (senpi). Setelah itu, si pelaku menyuruh korban untuk menuju tempat yang telah diinginkan dan direncanakan oleh pelaku tersebut. Biasanya TKP (Tempat Kejadian Perkara) yang di pilih pelaku merupakan tempat yang sepi dan strategis untuk melancarkan aksinya. Setelah semua keadaan aman, pelaku langsung membawa kabur sepeda motor pelajar tersebut.


Sepeda motor yang berhasil dicuri tersebut tidak langsung dijual. Melainkan di bawa ke markasnya dulu. Dalam hal ini biasanya markas yang dimaksud berada di Madura. Setelah dibawa di Madura, sepeda motor langsung di protoli (bahasa jawanya). Lalu, onderdil dari sepeda motor tersebut seperti body, stir, skok, sadel, slebor, ban, dll langsung di loakkan. Tempat loak onderdil sepeda motor paling banyak ditemukan berada di jalan Demak. Kejadian ini tidak hanya untuk sepeda motor. Curian seperti mobil dan truk pun pernah terjadi.

Sebubungan dengan hal itu, kita yang sedang berdomisili di kota surabaya, mesti selalu berhati - hati ketika keluar rumah dengan sepeda motor. Tidak hanya khawatir dalam pencurian, akan tetapi dalam hal Kecelakaan juga. Berikut tips dari (vicrul07.blogspot.com) agar kita tidak menjadi korban pencurian sepeda motor.

a. Di Parkiran :
1. Jangan pernah lupa untuk selalu mengunci stir. Bila perlu tambahkan kunci ganda/tambahan
2. Jika disuruh tukang parkir untuk tidak mengunci stir, putar tombol penutup kunci sepeda motor yang ada di sebelahnya
3. Pasang alarm sepeda motor (jika sangat perlu). Berjaga - jaga jika stir sepeda motor kita di belokkan dengan paksa
4. Parkirlah sepeda motor di tempat yang aman / berada di sekitar banyak orang (strategis)
5. Tetap waw - was meskipun merasa sepeda motor sudah aman

b. Di Jalanan :
1. Jangan pernah memasang wajah polos (seperti anak kecil) ketika sedang mengendarai. Karena hal itu menjadi sasaran empuk bagi pencuri sepeda motor
2. Jangan pernah percaya jika ada seseorang yang tidak kenal, minta numpang untuk di antarkan. Apapun itu modusnya.
3. Jangan lewat jalanan yang sepi dan malam. Biasanya pencuri beraksi di tempat tersebut.
4. Selalu berdoa di Jalan agar  tetap diberikan keselamatan

Sekian pesan yang dapat saya bagikan kepada sobat.
klik tombol share untuk saling berbagi kepada sesama ya ^^

Comments
4 Comments

4 komentar:

harus hati-hati dan waspada nih..

waspadalah waspadalah ,
tapi kasian juga sih gan malingnya asal usulnya kan kekuranngan dan butuh makan ... tapi lapangan kerjanya kurang memadai

wah bang napi dong.. hehee :)
sebagaian besar orang berbuat jahat pasti karena himpitan ekonomi gan..
kalo semua penduduk disini sejahtera, ya insyaAllah gak ada perampokan..
yang ada ngehabisin makanan :D

Posting Komentar

Tata cara berkomentar di blog ini :
1. Silahkan berkomentar setelah membaca.
2. Jika berkomentar, gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak kasar.
3. Dilarang membuat komentar sampah (Spam) di sini.
Terima kasih atas perhatiannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More