Sabtu, 14 Juli 2012

Krisis di Eropa


Apakah anda pernah berpikir, jika negara - negara di eropa akan berubah status dari negara maju menjadi negara berkembang? Secara logika, jelas tidak mungkin karena dukungan logistik di sana serba memenuhi. Namun, melihat kondisi finansial disana yang terpuruk (krisis eropa) kemungkinan bisa saja terjadi. Mulai dari produk makanan hingga produk Teknologi Informasi semuanya serba mahal. Keadaan tersebut telah memaksa penduduk yang kondisi ekonominya menengah ke bawah berubah untuk mengemis. Sungguh keadaan yang miris. Hal tersebut seharusnya bisa menjadi pelajaran tersendiri untuk bangsa Indonesia. Kita harus ambil pelajarannya (pengalaman) agar tidak sampai mengalami keadaan tersebut. Dengan menilik jumlah penduduk di Indonesia yang sampai ratusan juta, bayangkan kalau sampai terjadi. Apa jadinya negara ini?
Negara kaya, tetapi miskin
Tahu negara yang pantas untuk menyandang quotes di atas? Tidak lain lagi ya Indonesia. Di negeri ini banyak sekali sumber kekayaan yang berlimpah. Mulai dari yang terendah seperti rempah - rempah hingga yang tertinggi seperti emas. (pertanyaan besar) Jadi apa yang menyebabkan Indonesia miskin? Secara garis besarnya terletak pada penduduk dan pemerintahnya yang tidak bisa memanfaatkan sumber daya alam (SDA) tersebut.
Sebagai contoh, di Pulau Papua (PT Freeport). Sumber emas terletak disitu, namun kita sebagai bangsa Indonesia tidak bisa menikmatinya. Konon, presiden di era orde baru, Soeharto memiliki anak yang memberikan Pulau Papua kepada orang asing karena telah kalah judi. Berita itu sebenarnya telah menjadi rahasia besar di negara ini, jika ada yang membocorkan maka dia akan di bunuh.
*lho kenapa si admin malah membocorkannya?* Tenang, kan era soeharto telah selesai beserta orangnya. *eehhh

Keadaan yang terjadi di eropa berbanding terbalik dengan yang terjadi di asia, terutama negara - negara arab. Harga minyak dunia pun bergantung pada negara yang tergabung dalam Liga Arab tersebut. Di sisi lain, kondisi kekayaan yang melimpah terjadi di Uni Emirat Arab (UEA). Negara tersebut berlomba lomba untuk mendirikan bangunan gedung - gedung pencakar langit. Tidak hanya 1, tapi lebih dari 10. Bahkan tekstur dari bangunan tersebut terlihat megah semua. Mungkin bisa dikatakan, saat ini merupakan kejayaan umat Islam. Akan tetapi di Asia tidak hanya Arab saja lho. China pun masuk dalam kategori perkembangan ekonomi yang sangat pesat. Indonesia pun juga tidak kalah.


Agar sebuah negara tidak mengalami krisis ekonomi, berikut tipsnya (vicrul07.blogspot.com) :
1. Jangan menjadi negara yang boros. ya boros air, listrik, dan bahan bakar
2. Gunakan dana yang dimiliki pemerintah untuk untuk membangun lapangan pekerjaan yang seluas - luasnya, agar penduduk di negeri tersebut makmur
3. Pengeluaran dan pemasukan keuangan negara harus seimbang
4. Gunakan sumber daya alam yang ada di negara tersebut dengan sebaik - baiknya

    Sekian informasi berharga ini yang dapat saya sampaikan, jika banyak kekurangan dalam penyampaian informasi harap di maklumi (newbie) ^^
    klik tombol share untuk saling berbagi kepada sesama ya ^^

    Comments
    4 Comments

    4 komentar:

    Tapi dibalik semua itu yang terpenting adalah para pemimpin yang bisa saling bersinergi antara 1 sama lain. Dan membangun negara yang bebas dari korupsi.

    iyap betul cekalieh :3
    tapi enak mana ya bersinergi sama berenergi? *lho

    begitulah balasan bwt negara2 yg bros!!!

    Posting Komentar

    Tata cara berkomentar di blog ini :
    1. Silahkan berkomentar setelah membaca.
    2. Jika berkomentar, gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak kasar.
    3. Dilarang membuat komentar sampah (Spam) di sini.
    Terima kasih atas perhatiannya.

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More