Kamis, 28 Juni 2012

WC Tidak Boleh Searah / Membelakangai Arah Kiblat



Pernahkan anda memperhatikan WC, entah itu di kamar mandi anda sendiri, toilet maupun ponten umum? Jika anda memperrhatikan dengan baik, anda pasti kebanyakan melihat kalau wc tersebut menghadap samping kiblat, yaitu timur atau baratnya. Akan tetapi, ada pula sebuah WC yang menghadap searah / membelakangi kiblat. Di sini sempat di temukan sebuah kejanggalan antara mana yang benar.
Dalam Agama Islam ada yang menyatakan boleh dan tidak.

Di dalam (HR. Al-Bukhari no. 245 dan Muslim no. 264) yang berbunyi :
Jika kalian mendatangi tempat buang air maka janganlah kalian menghadap ke arah kiblat dan jangan pula membelakanginya. Akan tetapi menghadaplah ke timurnya atau ke baratnya.” Abu Ayyub berkata, “Ketika kami datang ke Syam, kami dapati WC rumah-rumah di sana dibangun menghadap kiblat. Maka kami beralih darinya (kiblat) dan kami memohon ampun kepada Allah Ta’ala.
Sedangkan dari Dari Marwan Al Ashfar dia berkata :
Saya pernah melihat Ibnu Umar menderumkan untanya menghadap kiblat, lalu dia duduk dan buang air kecil dalam keadaan menghadapnya. Lalu saya bertanya, “Wahai Abu Abdirrahman, bukankah hal ini telah dilarang?” Dia menjawab, “Benar, akan tetapi hal itu dilarang jika dilakukan di tempat terbuka, tapi apabila antara dirimu dan kiblat ada sesuatu yang menutupimu, maka itu tidaklah mengapa.
Dari pernyataan kedua, kita mengetahui bahwa WC boleh menghadap searah / membelakangi kiblat. Akan tetapi dengan sebuah syarat ada suatu benda / bangunan yang menutupinya. Jadi jangan di tempat terbuka seperti kita buang hajat di sungai.

Namun, ada baiknya jika kita hendak membangun sebuah rumah, kita menata WC-nya di timur / baratnya kiblat. Sebab, pernah suatu kejadian yang saya alami sendiri akibat dari WC yang searah / membelakangi kiblat. Waktu itu WC tersebut terletak di sebuah rumah yang di jadikan sebuah warnet. Banyak kejadian aneh yang saya alami sewaktu berada di rumah itu. Ketika saya lagi eek, aura di kamar mandi tersebut terasa sangat aneh. Entah percaya atau tidak. Dalam bisnis warnet itu pun, tidak banyak rezeki yang datang. yang ada warnet menjadi sepi dan jadi tempat sasaran maling.

Sekilas posting yang dapat share kepada para pembaca.
klik tombol share untuk saling berbagi kepada sesama ya ^^

Comments
8 Comments

8 komentar:

bener2 pelajaran hidup. matur thank you gan

waduch gan. makasih banyak. baru tau nih gan...makasih banyak ya...

oh iya.. sama2 ya gan :) semoga bermanfaat :)

Baru tahu nich beritanya,, thanks ya kak admin :)

Berarti sebaiknya tidak mengarah dan membelakangi kiblat kan

@magazineers : iya sama2 ^^
@teknologikomputer9 : iya lebih amannya posisinya menyamping dari arah kiblat gan.. :)

Poskan Komentar

Tata cara berkomentar di blog ini :
1. Silahkan berkomentar setelah membaca.
2. Jika berkomentar, gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak kasar.
3. Dilarang membuat komentar sampah (Spam) di sini.
Terima kasih atas perhatiannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More