Kamis, 21 Juni 2012

Penanganan yang Baik terhadap Produk Masa Kini

Pada era zaman modern sekarang ini, berbagai macam produk banyak sekali macamnya. Mulai dari produk makanan, minuman, kosmetik, dan produk industri lainnya. Di tambah lagi, ledakan penduduk telah membuat meningkatnya permintaan konsumen akan produk - produk tersebut. Dengan keadaan itu kita dituntut untuk bisa menggunakan produk itu dengan baik, benar dan efisien. Salah satu masalah yang saya bahas kali ini adalah penyalahgunaan produk makanan, minuman, dan Kosmetik. Berikut adalah contoh penyalahgunaannya :


1. Makanan. Terutama makanan ringan seperti gorengan yang ada di pinggir jalan. Seorang penjual sekarang ini tega mencampurkan bahan - bahan yang dilarang dicampurkan dalam makanan seperti plastik, ke dalam minyak goreng. Dengan harapan agar gorengan tersebut bisa gurih, renyah dan bisa tahan lama. Di sisi lain, minyak goreng tersebut telah di gunakan selama sebulan lebih dan tidak pernah di ganti. Jelas hal itu akan mengganggu kesehatan kita, dan parahnya kita mungkin saja terkena kanker dalam jangka waktu 10 hingga 20 tahun ke depan. Penjual tersebut sama sekali tidak memperdulikan konsumennya, yang penting ia mendapatkan keuntungan yang lebih dari gorengan tersebut.

2. Minuman. Meskipun produk minuman tersebut telah diberi segel kemasan, tetap saja ada seorang oknum nakal untuk memanipulasi minuman tersebut. Sebagai contoh minuman Aqua yang telah di segel dan diberi label. Air yang seharusnya telah bersih dan layak di minum, di gantikan seseorang dengan air kran atau air yang masih mentah. Pemanipulasian tersebut pertama - tama membuka segel dan tutup botol tersebut. Kemudian air yang sudah bersih tersebut di tempatkan di sebuah wadah, dan digantikan air kran/air mentah. Orang tersebut sudah mengantisipasinya dengan menutup tutup botol dan diberi kemasan yang di buat sendiri.

3. Kosmetik. Pernah suatu kejadian di wilayah Indonesia, ada seseorang yang membuat dan mengolah sebuah tepung hingga menjadi seperti sebuah cream untuk wajah. Selain itu dalam pembuatannya di tambahin pula bahan - bahan kimia yang bisa merusak wajah seseorang yang menggunakannya.

Lantas bagaimana kita mencegah agar tidak salah dalam memilih produk - produk tersebut?

1. Makanan
  • Konsumsilah makanan yang telah terbukti keamanannya, halal, dan telah mendapat izin layak di konsumsi dari badan pangan nasional.
  • Jangan suka makanan yang serba instan/siap saji karena hal itu berpotensi merusak organ dalam tubuh kita seperti usus, ginjal, dan lain sebagainya. *pengalaman saudara yg meninggal karena itu
  • Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol banyak. contoh khususnya adalah telur puyuh.
  • Jika akan mengkonsumsi makanan, di anjurkan membuat sendiri dari pada membeli diluar.

2. Minuman
  • Belilah minuman yang ada labelnya dan telah tersegel. pastikan kondisi segel tersebut masih sempurna.
  • Jangan meminum jika airnya berwarna keruh, berbau, dan beracun. *gimana kita tau kalau beracun hehehe..
  • Jika hendak membuat minuman sendiri, gunakan air yang telah di diamkan selama 3 hari, lalu kita masak air tersebut.

3. Kosmetik

  • Gunakan kosmetik yang sudah terkenal dan telah beredar di pasaran. Jangan sekali - sekali menggunakan yang masih asing dan belum terlalu dikenal. Karena itu berisiko.
  • Jika awal - awal penggunaan telah memperlihatkan hasil yang tidak di harapkan, lebih baik stop penggunaannya.
  • perhatikan komposisi dalam kosmetik tersebut.

Sekian yang dapat saya share kepada para kawula muda.
klik tombol share untuk saling berbagi kepada sesama ya ^^

Comments
4 Comments

4 komentar:

Ya itulah orang-orang yang hanya ingin mencari keuntungan tanpa memikirkan efek yang akan dijalani konsumennya .
Jangankan makanan instan, disalah 1 acara TV juga memaparkan kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh pedagang sayur. Sayur diberi pewarna dan boraks.
Lalu kita harus konsumsi apa ?
#miris

negeri ini memang penuh kotoran dan racun. gak korupsi aja yg mnjdi msalah utama. banyak sekali masalah seperti ini yang harus di entas. lantas bagaimana jika hal ini berlanjut? pastinya umur orang di negeri ini tidak akan bertahan lama.

benar sekali komentar ane di atas

Posting Komentar

Tata cara berkomentar di blog ini :
1. Silahkan berkomentar setelah membaca.
2. Jika berkomentar, gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak kasar.
3. Dilarang membuat komentar sampah (Spam) di sini.
Terima kasih atas perhatiannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More