Jumat, 01 Juni 2012

LULUS UNAS !


Yeaahhh.. Hari yang ditunggu - tunggu oleh semua pelajar SMA dan SMK di Indonesia telah tiba! Hari yang dimaksud adalah pengumuman keLULUSan UNAS yang jatuh pada tanggal 26 Mei kemarin. Berbagai perayaan dalam penyambutan kelulusan pun dilakukan oleh berbagai sekolah. Ada yang merayakannya dengan syukuran makan-makan, bakti sosial dengan mengumpulkan buku-buku & seragam, membagikan nasi kotak di pinggir jalan, hingga melakukan coret-coret baju dan melakukan konvoi di jalanan. Banyak sekali PRO dan KONTRA dalam merayakannya.

Perayaan dengan Bakti sosial di anggap oleh sebagian pelajar sebagai cara yang baik dari pada melakukan coret-coret dan konvoi. Namun banyak sekali pelajar SMA/SMK yang merayakannya dengan konvoi dan coret-coret. Apalagi sekolah yang swasta, pasti akan memilih cara tersebut. Akan tetapi menurut pendapat saya,  hal itu merupakan adat anak SMA yang tidak boleh dihilangkan. Mengapa begitu? karena hal itu mencerminkan Indonesia yang kampungan banget. hehee.. ya jelas tidak lah. Hal tersebut dilakukan hanya sebuah kenangan yang bisa kita simpan hingga kita tua kelak. Kita akan memiliki foto - foto dan seragam penuh coretan yang bisa kita abadikan. Tentu hal itu akan mengobati rasa kangen seseorang yang sudah dewasa dan tidak pernah bertemuh kawan - kawan lamanya dengan sesekali melihat album dan baju yang diabadikan tersebut.

Lantas bagaimana dengan anak SMP yang baru saja mendapatkan pengumuman UNAS dan  melakukan aksi tersebut? saya rasa hal tersebut sangat tidak bisa jadi panutan. karena setelah SMP mereka akan melanjutkan study ke jenjang SMA. Jadi mubazir sekali kalau seragam sekolah mereka dicoret-coret. Selain itu jika ada anak SMP yang melakukan hal itu, maka jelaslah kelakuan dan moral anak tersebut jelek.
Lantas apa bedanya dengan anak SMA? kan SMA juga melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu di Perguruan Tinggi dengan memakai seragam selama OSPEK? memang benar, akan tetapi bagi pelajar SMA hal tersebut tidak menjadi halangan karena seragam yang dipakai oleh mereka ketika masa OSPEK adalah seragam lengan panjang. Jika yang merayakannya menggunakan lengan panjang, berarti orang tersebut termasuk orang yang mubazir!

Baiklah hanya itu yang bisa saya share kepada adik - adik SMA maupun SMK. tirulah kelakuan kakak - kakak kelasmu yang dulu. Jangan pernah hilangkan adat ini, yaitu "Coretan Akhir SMA". tapi tetap harus sopan santun ya kalau melakukan konvoi di jalanan. hehee..

Berikut Galeri Foto untuk kelulusan SMA/SMK ditahun 2012 ini :

Jalan di depan grand city lumpuh gara-gara ulah pelajar




Sarana jalan yang jadi sasaran coretan pelajar

Comments
2 Comments

2 komentar:

tahun depan saya ingin meniru seperti kakak ah ^^

Posting Komentar

Tata cara berkomentar di blog ini :
1. Silahkan berkomentar setelah membaca.
2. Jika berkomentar, gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak kasar.
3. Dilarang membuat komentar sampah (Spam) di sini.
Terima kasih atas perhatiannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More